Selasa, 19 Februari 2013

HOW TO MAKE CHOCOLATE

Bahan dan alat :

  1. Coklat batangan [untuk coklat, biasanya saya pake merek collata, bukannya promosi tapi saya sudah coba berbagai merek tapi merek ini yang paling enak. Coklatnya nggak ngendal di mulut]

  2. Panci (yang biasa buat bikin mie instan, bukan panci gede ya!), mangkuk alumunium yang diameternya seukuran pancinya. (benda-benda ini digunakan untuk melelehkan coklat, jadi kalo mau pake steamer juga boleh, tapi ga semua orang punya kan hehehe)
  3. Solet 

  4. Cetakan coklat (cetakan coklat ini ada tiga macam, ada yang dari plastik, silikon, dan akrilik…cetakan paling mahal ya akrilik karena harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Kalo yang paling murah ya cetakan dari plastik, harganya berkisar muali dari Rp 4.500,00. Cetakan coklat bias dibeli di toko bahan kue, atau kalau di daerah anda tidak terdapat TBK yang menjual cetakan coklat, solusi lainnya anda bias beli secara online hahha…atau, saya biasa menggunakan cetakan agar-agar juga, jadi jangan bingung ya^^)

  5. Pewarna makanan (biasanya kalau ada yang mau lebih hemat, ya pakenya pewarna makanan. Jadi tinggal pake coklat putih trus diwarnai. Tapi kalo yang ga mau ribet, coklat collata juga tersedia berbagai macam warna dengan varian rasa yang bermacam-macam juga.)

  6. Plastik segitiga (ini digunakan jika anda memerlukan detil-detil warna)

Cara Membuat :  


1.       Hal yang paling utama saat membuat coklat adalah…MEMASTIKAN SEMUA ALAT MASAK BEBAS DARI AIR, musuh terbesar dari coklat adalah AIR. Jadi anda harus benar benar memastikan bahwa peralatan yang anda gunakan terbebas dari air.  

2.       Potong coklat hingga kecil (bahasa dapurnya “dicacah”) agar mudah saat dilelehkan. Setelah di cacah, masukkan coklat ke mangkuk alumunium.  

3.       Masukan air ke dalam panci (isi airnya setengah dari volume panci ya). Lalu panaskan air hingga mendidih.  

4.       Setelah mendidih, MATIKAN API lalu letakkan mangkuk alumunium di atas panci. Aduk coklat hingga benar-benar meleleh. (untuk coklat putih dan coklat warna. Airnya jangan terlalu mendidih, karena coklat ini lebih mudah meleleh dan lebih mudah gosong kalau kepanasan)  

5.       Setelah semua coklat leleh, maka coklat siap untuk dicetak. Masukkan coklat ke dalam cetakn yang sudah tersedia. (kalau mau beda warna, misalnya bagian atas warna putih dan bawahnya warna coklat, maka tunggu coklat lapisan pertama agak kering. Kurang lebih seperti membuat pudding. Dan kalau ada detil yang ingin ditonjolkan dengan perbedaan warna, maka bias menggunakan plastik segitiga.) Untuk yang memakai pewarna makanan, pewarna bias dicampurkan setelah coklat putih meleleh.  

6.       Setelah coklat dimasukkan ke dalam cetakan, lalu masukkan ke dalam kulkas kira kira 15-20 menit. Jangan terlalu lama, karena kalau terlalu lama nanti malah coklatnya ga bisa dikeluarin dari cetakan.  

7.       Setelah membeku, keluarkan coklat dari cetakan. Cara mengeluarkannya, ketuk-ketukkan cetakan secara perlahan di atas tatakan. Setelah berhasil keluar, maka coklat siap disajikan.
Tambahan : cara lain melelehkan coklat adalah dengan menggunakan cangkir kramik, caranya, masukkan potongan coklat ke dalam cangkir lalu letakkan di atas nampan berisi air panas. Lalu aduk hingga leleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar