Jumat, 15 Juni 2012

IPA lebih susah dari IPS???

"di IPA tuh ya, udah banyak tugas, orangnya juga kaku-kaku, mana semua pelajarannya susah lagi!" mungkin para pembaca pernah mendengar sebagian ungkapan seperti diatas ketika sedang duduk kelas 1 SMA/MA. Namun, siapa sangka? tetap saja kelas IPA tetap diminati....

Sebenarnya, IPA dan IPS adalah sama saja, namun lebih dijuruskan dalam bidangnya masing-masing. Bila IPA, lebih ditekankan pada pelajaran exact yang mana nilai dan angkanya tidak akan berubah sampai kapanpun. Berbeda dengan IPS, pada kelas ini lebih ditekankan pada ilmu sosial seperti ekonomi, politik, dan lain-lain yang dapat berubah kapanpun sesuai keadaan karena ilmu sosial itu ilmu yang butuh nalar dan menurut pemikiran seseorang yang tentu saja berbeda satu sama lain.

Dan tentu saja kemampuan setiap orang berbeda. Namun tanpa IPS, anak IPA-pun tak bisa mengembangkan usahanya karena wiraswasta karena itu adalah salah satu bidang ekonomi. Begitu juga sebaliknya, tanpa anak IPA, seorang anak IPS yang sedang melangsungkan usaha petrnakannya misal takkan tahu bagaimana cara membuat hewan yang lebih unggul atau adanya sebuah penyakit pada sebuah hewan tertentu. dan masih banyak lagi contoh yang bisa kita lihat bahwa IPA dan IPS saling berkaitan.

Jadi antara IPA dan IPS sama saja, hanya mata pelajarannya saja yang membedakannya. Meskipun begitu, dalam mata pelajaran IPA juga terdapat beberapa mata pelajaran IPS seperti sejarah dan pkn. Begitu pula dengan IPS seperti matematika.  


1 komentar: